Our current approximations of reef fish diversity in the region may be significantly underestimate

 

Kawasan Segitiga Terumbu Karang (The Coral Triangle) sering disebut sebagai wilayah dengan tingkat keanekaragaman biota laut tertinggi di dunia. Kawasan ini merupakan rumah bagi lebih dari 600 spesies karang dan lebih dari 2600 spesies ikan karang. Jumlah spesies karang dan ikan karang yang tercatat saat ini, bahkan diperkirakan masih jauh lebih rendah dari jumlah spesies yang sebenarnya.

Ikan gobi tercatat sebagai salah satu ikan dengan tingkat keanekaragaman spesies tertinggi di dunia dengan jumlah lebih dari 1700 spesies. Eviota adalah salah satu genus ikan gobi dengan jumlah spesies terbanyak. Selama lebih dari 78 tahun, salah satu spesies dari genus ini yaitu Eviota nigriventris diidentifikasi sebagai satu spesies sampai ditemukan adanya tiga pola warna yang cukup berbeda pada kelompok spesies tersebut. Kerabat dari spesies tersebut yaitu E. bifasciata sebelumnya juga dinggap hanya satu spesies sampai akhirnya beberapa hasil studi menunjukkan bahwa spesies tersebut kemungkinan terdiri atas beberapa spesies (species complex).

Pada penelitian yang dilakukan oleh Luke Tornabene dan kolega (2015), ditemukan bahwa kedua kelompok spesies tersebut tengah mengalami proses spesiasi (pembentukan spesies baru). Awal mula terjadinya spesiasi pada kelompok spesies E. nigriventris dan E. bifasciata terbilang belum lama yaitu antara pertengahan sampai akhir Miocene (6.5-16.8 juta tahun lalu). Spesiasi ikan gobi di segitiga karang terjadi baik secara simpatrik (perbedaan relung ekologi), parapatrik (spesiasi akibat adanya barier ekologi yang tidak terlalu kuat) maupun alopatrik (isolasi ekologis). Faktor yang memicu spesiasi marupakan hasil interaksi antara faktor fisik (arus, perubahan muka air laut, isolasi) dan faktor biologis (durasi larva pelagis, perilaku larva).

Proses spesiasi yang terbilang masih baru serta tingginya jumlah spesies kriptik pada genus ini menimbulkan dugaan bahwa jumlah spesies ikan gobi yang telah dideskripsikan saat ini (90 spesies) masih jauh lebih rendah dari jumlah spesies yang sebenarnya. Peneliti menduga jumlah spesies pada genus ini berkisar antara 120-130 spesies. Dengan demikian, apakah deskripsi keanekaragaman hayati di Segitiga Terumbu Karang sudah mewakili keanekaragaman hayati yang sebenarnya?

Sumber referensi:

Luke Tornabene, Samantha Valdez, Mark Erdmann, Frank Pezold. 2015. Support for a ‘Center of Origin’ in the Coral Triangle: Cryptic diversity, recent speciation, and local endemism in a diverse lineage of reef fishes (Gobiidae: Eviota). Molecular Phylogenetics and Evolution. 82: 200–210.Publication link

Advertisements