These new data enlarge our knowledge about Indonesian sponges diversity…(Calcinai et al. 2016)

Dercitus (Stoeba) bangkae merupakan spesies baru spons yang ditemukan di Pulau Bangka, Sulawesi Utara. Karakteristik spesies ini yaitu memiliki calthrops* dan dichocalthrops* sebagai megasklera* dan terdapatnya sanidaster* yang merupakan ciri dari genus Dercitus subgenus Stoeba. Saat ini, ada 5 spesies spons dari subgenus Stoeba yang berasal dari wilayah Indo-Pasifik yaitu Dercitus (S.) extensus (Dendy, 1905), D. (S.) fijiensis (van Soest et al. 2010), D. (S.) occultus (Hentschel, 1909), D. (S.) pauper (Sollas, 1902), D. (S.) simplex (Carter, 1880). Akan tetapi, tidak ada satu pun dari kelima spesies tersebut yang serupa dengan D. (S.) bangkae. Megasklera pada D. (S.) bangkae diketahui memiliki banyak modifikasi dan sanidaster pada spesies ini terdiri dari berbagai variasi bentuk. Ciri khas yang membedakannya dengan spesies lain yaitu terdapatnya sanidaster yang hanya memiliki satu ujung runcing.

Dercitus (Stoeba) bangkae adalah jenis spons berbentuk kerak (encrusting) dengan ketebalan antara 0.5 – 1 mm. Spesies ini dikoleksi dari patahan-patahan karang di sekitar mangrove di Pulau Bangka. Belum ada informasi mengenai distribusi spesies ini di luar pulau Bangka. Oleh sebab itu, tidak diketahui apakah spesies ini endemik atau memang tersebar luas di beberapa wilayah di Indonesia. Penemuan spesies spons baru ini tentunya memperkuat  hipotesis yang menyatakan bahwa segitiga karang dunia (Indonesia termasuk di dalamnya) adalah pusat biodiversitas dunia.

Sumber:

Calcinai B, Bastari A, Makapedua DM, Cerrano C. 2016. Mangrove sponges from Bangka Island ( North Sulawesi , Indonesia ) with the description of a new species. Journal of the Marine Biological Association of the United Kingdom:1–6. DOI: 10.1017/S0025315416000710.Link

*Megasklera : spikula spons berukuran besar yang menyusun kerangka tubuh spons

Mikrosklera : spikula spons berukuran kecil, biasanya memberi sokongan pada bagian spons yang lunak.

*Sanidaster : spikula spons tipe monoxonic berbentuk batang dan berduri (spinose)

Monoxonic : salah satu tipe mikrosklera yang hanya memiliki satu sumbu

*calthrops dan dichocalthrops : tipe-tipe dari megasklera

Advertisements